Oleh: Hadi Hemas Sangadji, S.H (Wakil Bendahara Umum DPP KNPI)

KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) adalah wadah berhimpun pemuda indonesia dengan semangat kolaborasi dan persatuan sebagai modal perekat semangat berbangsa dan bernegara.

Kini di usianya yang ke-50 tahun, KNPI selalu hadir bagi rakyat. Dibawah komando Bung Haris Pertama sebagai Ketua Umum/Presiden Pemuda Indonesia.

Konsep KNPI hadir bagi rakyat memiliki esensi yang sangat mulia. Dengan berbagai persoalan dan permasalahan yang kian hadir di tengah tengah masyarakat tentu butuh partisipasi aktif dari pemuda sebagai wujud kecintaan sesama anak bangsa.

Sinergitas dan harmonisasi sangat di butuhkan guna mewujudkan Indonesia emas. Jika persatuan dan kolaborasi di utamakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka indonesia akan semakin berada pada garis terdepan dan lebih maju dalam segala aspek .

Dikutip dari Indonesia baik.id, Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045. 

Jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan dengan baik akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial seperti kemiskinan, kesehatan yang rendah, pengangguran, dan tingkat kriminalitas yang tinggi. Melihat dari fakta yang akan dihadapi Indonesia tersebut bonus demografi memang tidak bisa dihindari. 

Yang menjadi pertanyaan adalah siapkah kita menjadi generasi emas 2045 ?

Tentu saja membutuhkan sikap, mental dan action. Menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, merangkul dan mendukung sesama anak bangsa, membangun serta mewujudkan Visi besar Indonesia emas 2045.

Harapan kita adalah semoga Indonesia selalu menjadi kebanggaan Asia dan Dunia. Menjadi tuan rumah di negeri sendiri, menciptkan bibit-bibit unggul serta memberdayakan generasi harapan bangsa.

Selamat ulang tahun KNPI yang ke -50 tahun. Sinergy of Harmony. (*)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *