Ambon – Sekertaris Daerah Maluku Sadali Ie menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-42 Satuan Pengamanan (Satpam) di Lapangan Tahapary Polda Maluku, Senin (30/01/2023).

Kegiatan ini bertemakan: “Sinergritas Satpam dan Polri, Peduli Untuk Sesamaā€¯. Bertindak selaku inspektur upacara, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum saat membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

meminta kepada Satuan Pengamanan (Satpam) agar dapat bekerja secara profesional dalam membantu menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan kamtibmas secara swakarsa,” pinta Kapolda Maluku Lotharia Latif, saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga :  Pemda Maluku Diminta Beri Perhatian Serius Kepada Atlet

Kapolda juga mengatakan, Polri menyadari bahwa dalam memelihara kamtibmas tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Selain itu, Satpam juga diminta untuk senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas.

“Saya berharap rekan-rekan satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo Satpam,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam upacara peringatan HUT Satpam ke 42, dilakukan penyerahan penghargaan kepada tiga personel Satpam berprestasi, kegiatan dilanjutkan dengan peragaan ketrampilan penggunaan Drill Borgol Tongkat oleh personel Satpam.

Baca Juga :  Peringati Milad ke-22, Baznas Ambon Bagi 180 Paket Sembako ke Buruh Sampah dan Petugas Kebersihan

Usai upacara, peringatan HUT Satpam dilanjutkan dengan acara syukuran dan ramah tamah di Tribun Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut: Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH. M.Hum, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Naipun S.I.K., S.H., M.Hum, Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa S.E., M.Tr.Opsla, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Rawindra Ardiansah dan PJU Polda Maluku. (dm3)

Bagikan: