Ambon – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada 2022 membangun 22 menara Base Transceiver Station (BTS) 4G. 

Pembangunan BTS untuk memperluas jaringan layanan internet ke sampai pelosok desa di wilayah Malteng.

“Untuk tahun 2022 kita sudah bangun 22 BTS yang tersebar di 6 kecamatan wilayah Kabupaten Malteng,” ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan e-goverment Diskominfo Malteng Ramly Thio, Sabtu (21/1/2023).

Sementara untuk tahun 2023, Diskominfo Malteng sudah berkoordinasi dengan para Camat dan Kepala Desa terkait layanan internet. Dari hasil koordinasi tersebut ada 40 titik yang belum tersentu layanan internet.

Baca Juga :  Kapolda Minta Pemda Segera Tangani Masalah Sosial Yang Muncul di Malra

40 titik itu berada di 10 kecamatan. Yakni Kecamatan Seram Utara Barat, Kecamatan Seram Utara, Kecamatan Seram Utara Kobi, Kecamatan Seram Utara Seti, Kecamatan Tehoru, Teluti, Banda, Kecamatan Nusa Laut, Kecamatan Saparua dan Kecamatan Leihitu Barat.

“Akan kita koordinasi kembali sehingga para camat kepala desa bisa menyediakan lahan untuk dihibahkan kepada Pemerintah Daerah. Jika mereka sudah hibahkan maka itu yang kita usulkan ke pemerintah pusat (Kementerian Kominfo),” ungkap Ramly.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Malteng, Hengky Tomasoa juga mengatakan hingga kini layanan internet di daerah pegunungan Kecamaran Seram Utara tidak ada sinyal sama sekali, daerah blank spot.

Baca Juga :  Wisuda Sarjana ke 38 STIA Trinitas Ambon, Ini Harapan Gubernur Maluku
Kepala Dinas Kominfo Maluku Tengah, Hengky Tomasoa.

Namun Hengky optimis desa-desa di daerah pegunungan itu dapat terhubung layanan internet.

“Daerah pegunungan ini susahnya kita angkut barang untuk bangun BTS. Tapi dicari jalan keluarnya agar kita bisa bangun BTS sehingga mereka bisa dapat layanan internet,” tandas Hengky. (dm1)

Bagikan: