Ambon – Pemerhati Olahraga Maluku Prof. Albert Fenanlampir mengatakan Pemerintah Maluku harus memberikan perhatian serius kepada para atlet yang telah berhasil mengharumkan nama provinsi ini pada event Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun Asian Games.

“Harus diberikan reward berupa jaminan masa depan bagi para atlet harus menjadi komitmen Pemda guna memacu semangat untuk kembali mendulang prestasi di PON selanjutnya. Penghargaan tersebut bisa menjadi upaya Pemda untuk mencegah perginya atlet berprestasi ke daerah lain dan dapat merugikan daerah yang telah membina atlet tersebut,” kata Albert, Jumat (20/1/23).

Menurut Albert, dari PON di Kaltim, Jawa Barat hingga Papua para atlet Maluku selalu dipantau oleh daerah lain dan pada akhirnya mereka ditawari dengan imbalan bonus agar mau berpindah ke daerah lain.

“Saya berharap kedepannya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Maluku harus berkolaborasi dengan semua lini baik pemerintah, hingga KONI demi menghindari adanya perpindahan atlet menjelang perhelatan event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara,” harap Albert. (dm3)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *