Ambon – Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, menghadiri acara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Maluku TA 2022 di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Selasa (16/08/2022).

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa usai menghadiri acara mengatakan, Paskibraka adalah salah satu cara negara mengapresiasi dan memberdayakan anak bangsa. Tak hanya itu, Pangdam menilai, Paskibraka merupakan salah satu cara dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa.

‚ÄúDengan seiring berkembangnya zaman, kita menyadari bahwa karakter dan nilai- nilai kebangsaan masyarakat Indonesia tidak sekuat dahulu,” kata Pangdam.

Menurut Pangdam, salah satu cara untuk mengatasi degradasi karakter ini adalah dengan Paskibraka ini.

Baca Juga :  Ikuti Kongres GAMKI di Ambon, Awaki: Terima Kasih Pemkab Mamberamo Raya Telah Support Kami

“Saya berharap kegiatan ini dapat berdampak positif bagi masa depan putra- putri kita , juga nilai- nilai kebangsaan di dalamnya” harap Jenderal bintang dua ini.

Untuk diketahui, anggota paskibraka tersebut nantinya akan bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada momentum HUT Kemerdekaan RI ke- 77 , 17 Agustus 2022 esok hari, di Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Acara sebelumnya dilakukan dengan memulai pengucapan ikrar oleh calon paskibraka, dilanjutkan dengan pengukuhan oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail. Acara pengukuhan ditandai dengan pemasangan kendit kepada komandan Paskibraka.

Turut hadir para pejabat dalam pengukuhan, diantaranya Kasdam XVI Pattimura, Brigjen TNI Asep Abdurachman, Danrem 151 Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Kabinda Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, dan Forkopimda Provinsi Maluku.

Baca Juga :  Wan Talaohu Harap Warga Sabar, Penanganan Kerusakan Jalan Segera Dilakukan BPJN Maluku

Acara pengukuhan kemudian ditutup dengan ucapan selamat oleh para pejabat dan sesi foto bersama.

Untuk diketahui juga, senanyak 10 orang calon Paskibraka yang dikukuhkan berasal dari berbagai daerah mulai dari Ambon hingga Maluku Barat Daya.

Adapun nama- nama yang dikukuhkan diantaranya, M. Adriyansyah Pacina dari SMAN 1 Buru, Figo B. Lesnussa dari SMAN 5 MBD, Ronaldo C. Ngarbingan dari SMK Siwa Lima Langgur, Kasih K.A. Tumiwa dari SMAN 3 Malra, Dafrion Ruhuputy dari SMAN 3 Maluku Tengah, Gufron I. Tuarita dari SMAN 11 Ambon, Awrelia M.P. Manoppo dari SMA Xaverius Ambon, Gerald Salhuteru dari SMKN 1 Ambon, Erin K. Fatimah dari SMAN 11 Ambon dan Shelma Mahmud dari SMAN 13 Ambon. (dm2)

Bagikan: