Ambon – Kepolisian Daerah Maluku menggelar acara syukuran atas penempatan kantor baru Polda Maluku yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin, Tantui, Kota Ambon, Kamis (18/8/2022).

Syukuran dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku diantaranya Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI Pattimura, Ketua DPRD Maluku, Danlantamal IX, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Kajati Maluku, Kabinda Maluku dan stakeholder lainnya. Juga hadir tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menyampaikan terima kasih kepada Forkopimda Maluku dan pejabat lainnya menghadiri acara syukuran kepindahan kantor baru Polda Maluku.

“Saya selaku Kapolda Maluku menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang saat ini hadir bersama-sama pada acara syukuran kepindahan Polda Maluku ini,” katanya.

Kantor Polda Maluku sebelumnya berada di jalan Rijali Nomor 1, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. 43 tahun 5 bulan, pelayanan, perlindungan dan pengoyaman kepada masyarakat berlangsung di sana.

“Hingga saat ini kita secara resmi berpindah ke bangunan yang baru ini maka patutlah kita bersyukur karena pemerintah telah memberikan fasilitas bangunan Polda baru yang luar biasa kepada kita maka jangan sekali-kali kita melupakan sejarah di mana Polda Maluku ini bisa berdiri seperti ini. Semoga ini untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang terbaik bagi masyarakat,” katanya.

Kapolda meminta seluruh personel untuk dapat menjaga dan merawat bangunan Polda Maluku yang baru. Juga bisa berikan pelayanan yang terbaik kepada masyakrakat.

“Saya sudah sampaikan kepada seluruh anggota saya agar jangan kalian khianati dan mengingkari semua kepercayaan yang diberikan rakyat kepada kita, semua yang sudah pemerintah berikan kepada kita, mari kita berikan yang terbaik kepada lembaga ini dan masyarakat. Karena itu selaku insan Polri yang menjunjung tinggi Rastra Sewa Kotama yang artinya abdi utama daripada nusa dan bangsa maka jadilah abdi yang berarti kita harus betul-betul mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pintanya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kapolda kepada TNI dan unsur terkait lainnya yang selama ini sudah melakukan kerja sama dengan Polda Maluku.

“Teman-teman dari satuan Kodam, dari Lanud dan dari Lantamal saat ini kita mempunyai tugas dan amanah untuk memberikan yang terbaik kepada Provinsi Maluku ini. Olehnya itu mari kita terus menjaga sinergitas kita dengan terus menjaga soliditas karena ada banyak prestasi-prestasi yang harus kita raih, ada juga banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan juga semoga persoalan yang ada di Maluku ini dapat segera kita tuntaskan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengaku, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, dirinya menyampaikan selamat dan sukses.

“Kepindahan Polda Maluku patut kita syukuri bukan saja oleh jajaran kepolisian daerah Maluku, tetapi menjadi kebanggaan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Gubernur mengaku percaya, kepindahan Polda Maluku ke bangunan yang baru akan meningkatkan profesionalitas dan kinerja yang semakin optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai Provinsi Kepulauan yang berbatasan langsung dengan negara Australia, Papua Nugini, dan Timor Leste, Gubernur mengatakan sudah selayaknya provinsi Maluku memiliki kepolisian yang tangguh, berwibawa, dan profesional dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai kekuatan bangsa, jajaran Polda Maluku harus tetap eksis, solid dan solider, walaupun tantangan datang silih berganti. Saya mengajak jalan Polda Maluku untuk terus mendukung pembangunan di daerah ini melalui semangat siwalima, ale rasa beta rasa, potong di kuku rasa di daging,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam acara syukuran tersebut, Kapolda Maluku juga melakukan pemotongan nasi tumpeng dan diserahkan kepada Gubernur Maluku. Hal itu merupakan wujud apresiasi Polri kepada pemerintah yang selalu bersinergi dengan Polri. (dm2)

Baca Juga :  Kunjungi Mapolres Malra, Ini Pesan Pangdam Pattimura
Bagikan: