Ambon – Setelah kemarin, Jumat (9/6/2023), melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Salahutu, pada Sabtu (10/6/2023), Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Maluku Tengah Bella F. M. Marasabessy kembali melanjutkan kunjungan kerjanya di dua kecamatan yakni Leihitu dan Leihitu Barat.

Kegiatan tersebut dalam rangka Pelatihan Tata Boga, Pembinaan 10 Program Pokok PKK, dalam kapasitas beliau selain Ketua TP PKK Maluku Tengah juga sebagai Ina Parenting dan Bunda PAUD Maluku Tengah.

Dalam sambutannya Penjabat Ketua Tim PKK Maluku Tengah Bella F. M. Marasabessy menyampaikan, bahwa tugas dan tanggung jawab penting TP PKK Maluku Tengah adalah mendukung keberhasilan pembangunan daerah melalui perwujudan 10 Program Pokok PKK sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kualitas mutu pembangunan khususnya di bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga demi terwujudnya keluarga sejahtera dan berkualitas di Kabupaten Maluku Tengah.

“TP PKK Maluku Tengah saat ini sedang gencar-gencarnya mengaktualisasi upaya Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk mengurangi tingginya stunting dan kemiskinan ekstrim melalui program inovasi Gerakan Bersama (GEMA) Ina Parenting dan OPD Pendamping Negeri (OPEN) yang saat ini sedang dilaksanakan oleh seluruh OPD dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan untuk saat ini terjadi penurunan yang cukup signifikan,” katanya dalam rilis resmi Dinas Kominfo Maluku Tengah, Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga :  Kapolda Terima Kunjungan KPU Maluku

Dalam kesempatan kunjungan itu, Bella F. M. Marasabessy juga meminta keseriusan semua pihak dalam upaya penanganan stunting di Kecamatan Leihitu dan leihitu barat; arahan danharapannya adalah sebagai berikut;

Pertama, keseriusan TP PKK Kecamatan maupun Negeri, Kader Posyandu dalam penanganan stunting dan pencegahannya; dan penguatan sadar hukum bagi keluarga melalui penyuluhan untuk menekan dan mencegah perkawinan dini.

Kedua, pelaksanaan 10 program pokok PKK kiranya dapat diimplementasi sesuai rencana yang telah ditetapkan secara berjenjang dan data yang disampaikan kiranya data yang sesuai kondisi dalam masyarakat; kesuksesan implementasi 10 program pokok PKK hanya bisa diwujudkan dengan kerjakeras dan kesungguhan dari setiap TP PKK.

Ketiga, selaku bunda PAUD kabupaten Maluku Tengah, mengharapkan seluruh bunda PAUD baik kecamatan maupun Negeri untuk bisa mendorong perubahan paradigma guna memastikan terjaminnya hak-hak anak; Usia dini merupakan proses penting dalam tumbuh kembang anak dan membangun fondasi pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan.

Baca Juga :  11 Desa di Maluku Tengah Deklarasi Damai Akhiri Konflik Antar Desa

Keempat, kepada seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Leihitu untuk melakukan secara massif pencegahan kekerasan skesual terhadap anak.

Diakhir sambutannya, Bella F. M. Marasabessy menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kecamatan Leihitu dan Leihitu Barat beserta jajaran, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Negeri, para Kepala Pemerintah Negeri serta semua pihak yang telah bekerjasama dan mendukung Tim Penggerak PKK Maluku Tengah dalam mewujudkan keberhasilan 10 program pokok PKK.

Serta berbagai program lainya demi terwujudnya kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, seluruh pemangku kepentingan dan Tim Penggerak PKK Negeri bahkan seluruh masyarakat agar marilah kita berjuang bersama untuk menurunkan angka stunting di Maluku Tengah.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Leihitu dan Leihitu Barat, turut mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Maluku Tengah Juliana Haumahu, hadir juga Kepala Kecamatan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Ketua Tim Penggerak PKK se-Kecamatan Leihitu dan Leihutu Barat beserta pengurus dan para Kepala Pemerintah Negeri bersama. (dm1)

Bagikan: