Maluku Tengah – Aksi Bhabinkamtibmas di Negeri Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, sangat inspiratif dan patut diacungi jempol. Adalah Bripka Rijal Faisal Ely. Ia rela menggelontorkan dana pribadi untuk membuat rumpon ikan bagi kelompok masyarakat nelayan setempat.

Bhabinkamtibmas di Polsek Leihitu, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease ini, sejak Mei 2022 lalu sudah merogoh kocek untuk membantu pembuatan rumpon ikan buat kelompok masyarakat nelayan yang dibentuknya.

Kelompok nelayan yang dibina oleh Rijal Faisal Ely itu merupakan kelompok nelayan tangguh.

“Rumpon yang dibuat ini bertujuan untuk membantu masyarakat, meningkatkan pendapatan ekonomi mereka,” ujar Rijal Faisal Ely, Jumat (29/7/2022).

Rijal mengaku, kelompok nelayan tangguh yang dibentuk dan dibinanya adalah masyarakat Asilulu dengan mata pencahariannya di laut.

“Pembuatan rumpon ikan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Asilulu,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, rumpon ikan dibuat sendiri oleh seluruh masyarakat nelayan setempat.

“Yang mengerjakan swadaya seluruh masyarakat nelayan tanpa biaya dan biaya material rumpon dan tali semua ditanggung oleh saya,” ungkap Rijal.

Ia mengaku, rumpon yang dikerjakan sejak Mei 2022 sudah rampung dikerjakan. Bahkan sudah diturunkan ke laut dan siap untuk digunakan.

“Rumpon sudah jadi dan sudah diturunkan ke laut, tapi karena lagi (musim) ombak besar makanya ditarik ke darat, menunggu cuaca membaik baru diturunkan kembali ke laut,” tuturnya.

Ia menambahkan, rumpon yang dibuat tersebut sasarannya untuk menampung ikan tuna, ikan cakalang, ikan layar, ikan marlin dan ikan layang.

“Semoga rumpon yang dibuat ini dapat membantu masyarakat nelayan di sana,” harapnya. (dm3)

Baca Juga :  Kabar Baik ! BPJN Maluku Segera Perbaiki Tiga Ruas Jalan Utama di Ambon
Bagikan: