Ambon – Balai Pelaksana Jalan Nasional Maluku melalui Satuan Kerja (Satker) Wilayah I, akan segera melakukan pengaspalan untuk memperbaiki tiga ruas jalan utama yang rusak di Kota Ambon.

Ketiga ruas jalan utama itu yakni Pasar Mardika dan Batumerah, sekitar Pelabuhan Perikanan Tantui dan depan pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM).

Penanganan kerusakan jalan di Pasar Mardika. Foto: Satker I BPJN Maluku

Kepala Satker Wilayah I BPJN Maluku Ulwan Talaohu mengatakan, kondisi cuaca ekstrem dengan curah hujan yang masih tinggi di Kota Ambon menjadi faktor utama pihaknya belum bisa melakukan penanganan terhadap ruas jalan yang rusak itu.

“Kami sudah koordinasi sejak tahun lalu, alhamdulillah tahun ini penanganan sudah keluar,” katanya, Rabu (24/8/2022).

Ia menjelaskan, posisi jalan pasar Mardika dan Tantui bawah sama persis yakni badan jalan dibawah bahu jalan. Sehingga ketika hujan air semua tergenang ditempat itu.

Rencananya, badan jalan di Tantui bawah akan ditinggikan. Karena struktur jalan tidak rata, pihaknya mengistimasi grade racing akan naik sehingga posisi pembuangan air di bahu jalan saat hujan nanti jatuh di pinggiran trotoar.

Penanganan serupa juga dilakukan di pasar Mardika dan pasar Batumerah. PPK 1.1 BPJN Maluku Peggi Hehanussa mengatakan, pihaknya sementara melakukan survei agar bisa dibuat drainase sehingga saat hujan air akan mengalir masuk ke drainase.

Namun, untuk saat ini BPJN sudah melakukan penanganan sementara. Penanganan dilakukan dengan material aspal dingin dan semen untuk mengatasi jalan yang berlubang. Nanti ketika cuaca tidak hujan, barulah dilakukan penanganan dengan aspal panas.

“Penanganan kerusakan jalan yang rusak parah di pasar Mardika dan Batumerah sepanjang 100 meter lebih kami holding. Sedangkan yang lokasinya segmental kami blok patching. Ini sudah kami lakukan sejak 18 Juli 2022,” tandas Peggy.

Wan Talaohu juga mengatakan jangan ada ego sektoral dalam penanganan kerusakan jalan di Kota Ambon. Ia mengharapkan agar semua pihak bisa bekerjasama dan berkoordinasi secara baik. (dm1)

Baca Juga :  Dinkes Maluku Bantah Pasien Omicron Pertama di Sulsel Warga Takalar dari Maluku
Bagikan: