Marasabessy: Kailolo Tidak Terlibat Konflik Pelauw-Kariuw

0
103
Sekretaris Negeri Kailolo, Abdullah Marasabessy.

Ambon – Pemerintah Negeri Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, secara tegas mengatakan konflik antara negeri Pelauw dan negeri Kariuw sama sekali tidak melibatkan masyarakat  sejumlah desa di daerah itu termasuk negeri Kailolo.

“Sehubungan dengan konflik antara  basudara negeri Palauw, basudara dusun Ory dan basudara negeri Kariuw, Selasa (25/1/2022) yang mengakibatkan kebakaran sebagian rumah basudara warga Kariuw, maka kami menegaskan bahwa konflik tersebut adalah internal antara basudara negeri Pelauw, dusun Ory dan basudara negeri Pelauw,” kata Sekretaris Negeri Kailolo, Abdullah Marasabessy, melalui surat pemberitahuan dan himbauan, Rabu (26/1/2022).

Dirinya menambahkan, konflik dua negeri bertetangga itu tidak melibatkan negeri-negeri adat Amarima Hatuhaha yaitu Hulaliuw, Kailolo, Kabauw, dan negeri Rohmoni, sebagaimana isu yang beredar ramai di jagat sosial media.

“Kami mengecam tindakan pembakaran rumah warga negeri Kariuw oleh oknum-oknum yang tidak bertangungjawab,”tandasnya.

Pihaknya kemudian  menghimbau kepada basudara di negeri Hulaliuw, Kailolo, Kabauw dan Rohomoni serta seluruh masyarakat di Maluku agar tidak terprovokasi oleh isu-isu tidak benar (hoax) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami menyerahkan sepenuhnya penyelesaian konflik internal tersebut kepada pihak berwajib untuk diselesaikan secara hukum yang berlalu,” pungkasnya. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here