Kaleidoskop Kemenag Malteng 2020: Dari Bedah Madrasah, Syiar Qurban Sampai Tour Religi

0
76
Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku Tengah, H. M. Hanafi Rumatiga.

Ambon – Sejak dilantik tanggal 13 Maret 2019 lalu menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku Tengah menggantikan pejabat lama Japri Kabalmai, M. Hanafi Rumatiga telah melaksanakan berbagai program.  Sepanjang tahun 2020 saja, aneka kegiatan telah dilakukan meski dalam suasana pandemi Covid-19.

Program itu antara lain bantuan inisiasi kepada madrasah swasta yang bernama Gelima (Gerakan Peduli Madrasah). Gelima sudah dimulai dari Oktober tahun 2019 sampai Februari 2020. Sudah ada tiga madrasah yang berhasil dibedah yakni madrasah di Desa Wailulu Kecamatan Seram Utara Barat. Sisanya di Meu dan Tanjung Kecamatan Amahai

“Gelima ini memanfaatkan hasil infaq siswa dan pegawai setiap hari Jumat. Alhamdulillah sudah tiga madrasah yang kami bedah hasil dari infaq tersebut,” kata Rumatiga.

Selain Gelima, Kemenag Maluku Tengah juga melaksanakan kegiatan Menyapu Sekat (Menyapa Umat Secara Dekat) dan Syiar Qurban. Kegiatan ini dilakukan memberikan pembinaan dan kampanye protokol Kesehatan kepada masyakat.

Kegiatan Syiar Qurban dilakukan dengan cara menghimpun hewan qurban dari keluarga besar Kemenag Maluku Tengah. Baik dipihak kantor Kemenag, DPW Kemenag, KUA hingga Madrasah.

“Sebanyak 129 hewan qurban terdiri dari 89 ekor sapi dan 40 ekor kambing terkumpulkan. Dan ratusan hewan qurban itu telah disalurkan kepada sejumlah pihak di beberapa kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah,” tandas Rumatiga.

Kemenag Maluku Tengah juga melakukan kegiatan tour religi yang bertempat di Banda Naira, Kecamatan Banda. Tujuan kegiatan ini yaitu wisata sejarah kemerdekaan Indonesia, sejarah penyebaran Islam dan menjadikan Banda sebagai destinasi kegiatan-kegiatan Kemenag Maluku Tengah. Antusias dalam kegiatan Tour Religi ini sangat tinggi dan mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak.

Rumatiga melanjutkan, untuk kegiatan tahun 2021 pihaknya sudah menyusun sejumlah kegiatan yang akan dilakukan. Rumatiga berharap dukungan dari sejumlah pihak agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan baik. (dm2)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here