Peningkatan Pelayanan Sarana Ruang Publik Saat Pandemi Covid-19

0
268
Diana Mayasari, S.Kom., MT. Istimewa

Oleh: Diana Mayasari, S.Kom., MT.(Dosen Universitas Krisnadwipayana, Jakarta)

Pandemi Covid-19 telah menjadi great equalizer di semua bidang. Saat ini fasilitas umum sarana ruang publik banyak tidak produktif di Indonesia, selain jauh dari pemukiman penduduk dan lokasi sarana prasarana publik kurang memadai diburuk lagi perlu moda trasportasi menunju ke sarana ruang publik.

Sosial distancing, isolasi PSBB yang diterapkan dalam masa pandemi Covid-19 mentransformasikan sarana publik menjadi minim aktivitas, pergerakan penduduk selama masa pandemi mengalami perubahan kondisi tersebut mengharuskan pemerintah membuat kebijakan terbaru untuk menyediakan sarana ruang publik yang mudah dijangkau.

Pemerintah mulai melakukan pembenahan ruang wilayah untuk memperbaiki  jalan di trotoar, ruangan publik dan sarana-prasana juga perlu dibenahi dan aman buat semua.

Dengan adanya pandemi ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua masyarakat dan khusus pemerintah menetapkan standarisasi keamanan ruangan publik disediakan.

Diharapkan pemerintah mulai membuat kebijakan peraturan jelas untuk melindungi masyarakat agar Covid-19 tidak menyebar lebih luas lagi dan antisipasi wabah lainnya kedepanya. Pemerintah harus mulai belajar dari pandemi ini menyediakan sarana ruang publik mudah di jangkau oleh masyarakat tanpa harus menunggunakan moda trasportasi dapat dijangkau dengan bersepeda dan jalan kali dengan memanfaatkan lahan-lahan yang ada.

Pemerintah kota dan kabupaten mulai membuat kebijakan jelas melindungi masyarakat saat new normal pandemi Covid-19, dan membuat design penataan ruang setiap wilayah mudah dikunjungi dengan berjalan kaki dan bersepeda.

Pemerintah mulai menghimbau masyarakat mengurangi pergi jauh, mengajak hidup sehat berjalan kaki dan bersepeda. Pemerintah dapat memanfaatkat ruang sudah ada dengan perbaikan dan mealih fungsikan jalan  trotoar dapat dimanfaatkan untuk kegiatan jalan-jalan, menyediakan sarana khusus bersepeda, taman-taman mudah dijangkau lingkungan sekitarnya, memanfaatkan kali atau sungai dijadikan ruang terbuka hijau dan objek wisata gratis untuk semua kalangan.

Penyediaan tempat cuci tangan segala ruang publik, tempat buang sampah mudah dicari tidak menimbulkan masalah baru pembuangan sampah khusus masker sekali pakai sembarangan di fasilitas umum, tempat duduk perlu di design memberikan jarak satu sama lain melindungi satu sama lain. Semakin kedepan pemerintah sudah siap menghadapai masalah ini tidak terulang lagi kedepannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here