ASDP Ambon Didesak Tingkatkan Pengawasan KMP

0
131

Ambon – Moluccas Democratization Voice mendesak manajemen PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ambon untuk segera meningkatkan pengawasan dan pemeliharaan terhadap seluruh kapal motor penyeberangan (KMP) yang beroperasi di Maluku.

Hal ini dilakukan pasca terjadinya insiden kebocoran lambung KMP Terubuk tujuan Waipirit – Hunimua, Kamis (2/1/2020).

Nakhoda KMP. Terubuk yang mengetahui insiden itu kemudian mengambil keputusan untuk merubah arah mencari bibir pantai yang terdekat untuk menghindari risiko lebih besar. Kapal akhirnya kandas di pesisir pantai Gemba, kurang lebih 1 km dari pelabuhan Waipirit.

“Pihak PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon harus segera meningkatkan pengawasan dan pemeliharaan terhadap seluruh KMP setiap satu bulan sekali, itu wajib” ujar Wakil Koordinator MDV Karim Sella, Senin (6/1/2020).

Menurutnya, pihak ASDP jangan hanya mengejar keuntungan bisnis semata (profite oriented) sebagai sebuah perusahaan plat merah (BUMN). Namun, harus dibarengi dengan prinsip mengutamakan keselamatan penumpang dengan memastikan kelayakan kapal sebelum beroperasi.

“Ini tindakan prefentif agar kejadian serupa tidak terjadi dikemudian hari. Pihak ASDP harus bertanggung jawab atas insiden yang terjadi beberapa hari lalu,” pungkasnya. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here