Penunjukan Ilyas Hamid Sebagai Plh Sekda Buru Sudah Tepat

0
316
Bupati Buru Ramly I. Umasugi saat menyerahkan SK Plh Sekda Buru Ilyas Hamid.

Ambon – Penunjukan Ilyas Hamid sebagai pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Buru oleh Bupati Buru Ramly I. Umasugi pada Kamis (26/12/2019), sambil menunggu kegiatan lelang terbuka mencari Sekda difinitif dinilai sudah tepat dan telah melalui prosedur.

“Sudah tepat keputusan Pak Bupati Buru menunjuk Pak Ilyas Hamid menjadi Plh Sekda jika melihat rekam jejaknya menjadi Aparatur Sipil Negars (ASN) di Kabupaten Buru,” ujar koordinator Perkumpulan Anak Muda Ambon (PAMA), Ridwan Karepesina, Sabtu (28/12/2019).

Menurut Ridwan, keputusan Bupati Buru menonaktifkan Ahmad Assagaff sebagai Sekda agar dirinya bisa fokus dengan masalah hukum. Dan itu perlu diapresiasi dan didukung. Sehingga roda pemerintahan bisa berjalan baik seperti biasanya.

“Artinya Pak Ramly mampu mengantisipasi macetnya roda pemerintahan di Kabupaten Buru dengan menunjuk Plh Sekda Buru,” tegasnya.

Ilyas Hamid merupakan kepala dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buru. Dia resmi menggantikan Sekda Buru non aktif Ahmad Assagaf yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyalahgunaan pengelolaan keuangan daerah untuk belanja penunjang operasional KDH/WKDH Kabupaten Buru pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sekda Buru, tahun anggaran 2016-2018.

Selain Ahmad Assagaff, penyidik juga menetapkan bendahara Setda Buru, La Joni sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan, keduanya ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga telah menyalahgunakan keuangan daerah yang merugikan keuangan negara senilai Rp 11 miliar lebih. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here