KNPI Dorong Perda Kepemudaan Ke DPRD Malteng

0
521

Ambon – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Maluku Tengah mendorong terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Kepemudan melalui Perda Inisiatif kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah periode 2019-2024.

Ketua DPD KNPI Maluku Tengah Abdul Gani Latuconsina mengatakan, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Maluku Tengah sebagai kabupaten layak pemuda dan pemberdayaan pemuda, maka DPD KNPI Maluku Tengah mengharapkan agar DPRD Maluku Tengah yang baru saja dilantik bisa mendorong terbitnya Perda kepemudaan melalui Perda Inisiatif.

”Atas nama pemuda Maluku Tengah, kami ucapkan selamat atas pelantikan Bapak/Ibu sebagai wakil rakyat untuk 5 tahun kedepan. Kami harapkan DPRD yang baru dilantik bisa peduli tentang kepemudaan dengan mengakomodir Perda Kepemudaan dalam Ranperda inisiatif nanti,” ujar Abdul Gani, Selasa (24/9/2019).

Menurutnya, Perda ini sangat penting dalam rangka mewujudkan serta memajukan pemuda di Maluku Tengah melalui keterlibatan berbagai lintas sektor bukan saja satu Organisasi Perangkat Daerah.

Karena itu, Abdul Gani berharap Raperda tersebut nanti dapat terintegrasi dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi strategis lintas penyelenggara layanan kepemudaan.

“Dalam beberapa waktu kedepan kami akan menyurati DPRD untuk melakukan audiens terkait rencana Ranperda Kepemudan ini,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Sukri Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan OKP KNPI Maluku Tengah saat menghadiri pelantikan DPRD Maluku Tengah mengatakan, komposisi DPRD Maluku Tengah periode 2019-2024 ini banyak di dominasi oleh politisi muda sehingga dirinya optimis ada perhatian dan kepedulian tentang kepemudaan.

Selain itu, ada usulan dari OKP saat Rapat kerja DPD KNPI Maluku Tengah agar pemuda dlibatkan dalam setiap jenjang Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) atau bila perlu Musrenbang tersendiri untuk pemuda.

“Dimana usulannya nanti terkait program kepemudaan, maka dari itu sangat dibutuhkan Perda Kepemudaan guna keberlangsungan dan payung hukum organisasi kepemudaan di Kabupaten Maluku Tengah,” papar Sukri.

Sukri pun berharap kepada organisasi  kepemudaan di Maluku Tengah agar bersama sama mengawal usulan Raperda itu. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here