Rekam Jejak Rustam Latupono di Parlemen, Politisi Muda Binar yang Berprestasi

0
480
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono meraih penghargaan Legislator Pembaharuan Indonesia 2019 dari 7 Sky Media Award. Foto: Istimewa

Ambon – Siapa yang tak mengenal Rustam Latupono, politisi asal Partai Gerindra yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon periode 2014-2019.

Namanya kini merupakan salah satu politisi muda binar yang cukup populer di Maluku. Tak hanya populer, dirinya juga memiliki prestasi dan dekat dengan masyarakat.

Lahir di Ambon, 8 Agustus 1974, Rustam Latupono merupakan anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan M. Saleh Latupono dan Azza Tuasikal. Ayahnya seorang pengusaha cengkeh sedangkan ibunya seorang pegawai negeri sipil.

Kiprah politiknya terbilang cukup sukses. Pada pemilihan legislatif 2014, Rustam Latupono terpilih untuk kedua kalinya sebagai anggota DPRD Kota Ambon daerah pemilihan (Dapil) Sirimau 2 dengan peroleh suara 1400-an.

Setelah sebelumya, pada pemilihan legislatif 2009 dirinya berhasil terpilih pertama kali sebagai anggota DPRD Kota Ambon dari Dapil yang sama dengan perolehan suara 800-an.

Mengalir Penghargaan dan Apresiasi

Selain sukses sebagai legislator, pada awal tahun 2019 Rustam Latupono meraih penghargaan dari 7 Sky Media Award kategori Legislator Pembaharuan Indonesia 2019, yang dilaksanakan di Asia Afrika Ballroom, Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/2/2019) malam.

Adapun penghargaan yang diraihnya itu adalah yang kedua kalinya berturut-turut setelah sebelumnya tahun 2018 Rustam meraih award serupa kategori Pemimpin Pembaruan Indonesia Creative dan Innovative.

Dan merupakan penghargaan ketiga yang diterimanya, dimana pada tahun 2015 Rustam juga meraih penghargaan Indonesia Parlement Award 2015 dari Yayasan Persada Insani.

Penghargaan ini diberikan karena berdasarkan sejumlah kriteria penilaian, diantaranya menjabat posisi penting di lembaga politik, memiliki etos kerja yang tinggi dan mampu meningkatkan kualitas dan produktifitas SDM yang dimiliki, dan dinilai bisa menjalankan pembangunan disegala bidang kehidupan bangsa dan negara.

Rustam Latupono terpilih juga dikarenakan dinilai mempunyai jiwa kepimimpinan, serta menjadi pemimpin di masa mendatang.

Seiring dengan kinerja yang baik dan berprestasi sebagai legislator, mengalir apresiasi dari sejumlah pihak salah satunya Perkumpulan Anak Muda Ambon (PAMA).

Organisasi masyarakat yang menghimpun anak-anak muda di Ambon ini, menilai Rustam Latupono memiliki peluang sangat besar untuk kembali terpilih pada pemilihan legislatif 2019.

“Bang Rustam bagi kami merupakan legislator yang vocal menyuarakan aspirasi masyarakat. Publik sudah banyak mengetahui sepak terjang beliau. Karena itu, kami yakin beliau akan meraih dukungan signifikan dari rakyat,” kata koordinator PAMA, Mutalib R.

Dikatakan, majunya kembali Rustam Latupono di Pileg 2019 Daerah Pemilihan Sirimau II Kota Ambon ini tak lain sebagai upaya untuk melanjutkan perjuangan aspirasi rakyat.

“Figur legislator seperti Bang Rustam harus kita dukung untuk mendorong terciptanya parlemen yang bersih, parlemen yang mantap kinerjanya dan parlemen yang berpihak pada aspirasi rakyat,” tandasnya. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here