Energi Baru Maluku: Terlahir Sosok M. Syahril Wasahua

0
533
Muliansyah Abdurrahman. Foto: Istimewa

Oleh: Muliansyah Abdurrahman

Maluku dikenal sebuah negeri yang pernah menjadi pertarungan bisnis negara eropa di jaman sebelum Indonesia merdeka.

Maluku juga dikenal sebagai negeri para raja-raja, negeri kepulauan yang memiliki lumbung ikan terbesar di dunia bahkan Maluku menjadi satu etape sejarah bangsa berdirinya NKRI.

Masa lalu Maluku menjadi cikal bakal Maluku hari ini dan masa depan Indonesia, maka dari itu penulis sedikit menghindar dari cerita romatisme masa lalu Maluku, karena kalau mau menjadi cerita berulang, tentu mata air kita akan mengalir diatas hembusan hidup masa depan anak negeri Maluku.

Maluku adalah masa depan Indonesia, energi baru Maluku menjadi sinar pencerahan bangsa, mengalir dan melahirkan anak-anak negeri yang cerdas dan memiliki daya saing untuk menentukan masa depan Maluku dan Indonesia.

Banyak anak muda dan generasi masa depan Maluku yang memiliki banyak konstribusi atas negeri ini termasuk M. Syahril Wasahua, S.HI. MH atau dikenal dengan sapaan Bang Awil, yang mana memiliki kecerdasan, pengabdian dan talenta organisasi yang sangat baik. 

Memiliki jasa perkaderan dan pengabdian di segala bidang, tentu generasi setelahnya dapat melihat dan menjadikan sosok Bang Awil sangat tepat dan cocok untuk menjadi salah satu wakil rakyat dari Maluku di DPR RI periode 2019 – 2024. 

Sosok Bang Awil merupakan salah satu anak muda Maluku yang meniti karier di perantauan Jakarta. Setelah selesai menjadi aktivis HMI, Bang Awil terus melangkah menjadi aktivis partai politik dan bagian dari organisasi kemasyarakatan NU dan FPMM (Front Pemuda Muslim Maluku) sebagai Sekretaris Jenderal serta kini menjadi Penggerak Indonesia Setara selaku Ketua di Maluku.

Secara sosiologis, Bang Awil telah di besarkan oleh organisasi-organisasi sosial dan politik termasuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Maka tak asing, bila Bang Awil dewasa sangat memiliki karakter dan penglaman politik yang sangat baik, jika di bandingkan dengat teman-teman lain yang belum mampu memainkan peran di Jakarta. 

Sebagai mantan aktivis sosial, mengantarkan Bang Awil hingga mencalonkan diri sebagai salah satu calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan Maluku.

Pemikiran dan landasan berpijak penulis dalam melihat sosok tersebut dapat di pertanggungjawabkan sebagaimana yang kita lihat fakta sesungguhnya, bahwa Bang Awil juga layak mewakili orang Maluku di DPR RI. Walaupun, ini masih dalam proses tahapan sesuai PKPU KPU RI, hanya saja patut kita bangga dan berjuang bersama Bang Awil dalam merebut suara-suara dari Maluku. 

Sikap dan tindakan Bang Awil yang lahir dari aktivis mahasiswa hingga menjadi aktivis partai politik adalah suatu proses menuju kebanggaan dan pengabdian Bang Awil pada masyarakat setempat di Maluku dan Indonesia. 

Langkah menuju senayan menjadi harga mati bagi Bang Awil, intinya sejauhmana Bang Awil berbuat untuk masyarakat Maluku nan jauh disana. Terlahirnya Bang Awil bukan berarti yang lain tidak ikut dilahirkan, akan tetapi penulis sangat melihat secara objketif dalam mengangkat dan menyimak setiap tokoh muda yang lahir dalam pengabdianya lebih nyata atau karya nyata untuk padamu negeri Maluku.

Sebagai calon anggota DPR RI daerah pemilihan Maluku, tentu Bang Awil siap dengan segalanya: baik ide, visi, program dan sejumlah agenda-agenda politik untuk kepentingan rakyat Maluku. Walaupun sebelumnya, dari segi pengabdian Bang Awil sudah dilakukan, tentu Awil muda sudah berbuat untuk menyiapkan generasi muda Maluku di tingkat nasional. 

Banyak sekali proggram pemerintah Republik Indonesia yang di perjuangkan Bang Awil untuk rakyat Maluku, baik dari segi networking juga dari segi cultural sikap perkaderan Bang Awil kepada anak-anak Maluku di rantau khususnya di DKI Jakarta. Bantuan sosial kepada daerah tercintanya Maluku juga sudah di lakukan, mulai dari mensinergikan kemeterian agama untuk memberikan bantuan berupah tempat ibadah, prasarana dan pendidikan agama juga di lakukan oleh Bang Awil.

Kemudian perhatian Bang Awil dalam konteks infrastruktur fisik (jalan dan  jembatan) di suarakan pada tingkatan DPR RI khusus fraksi PPP, tentu perhatian besar negerinya Bang Awil juga tak ketinggalan, apalagi partai Bang Awil juga bagian dari partai yang mendukung pemerintahan Jokowi – JK.

Hal ini menunjukkan bahwa Awil muda sudah melakukan, Awil muda sudah bergerak bersama rakyat, Awil muda juga sudah berbuat untuk rakyat dan Awil muda juga mengabdi kapanpun dan dimanapun. 

Melangkah ke senayan tentu tidak mudah diatas kertas, tetapi butuh daya dan upaya untuk bersama melangkah, merubah dan mengabdi tanpa batas, biarkanlah rakyat yang melihat, menjajaki dan memilih yang terbaik. M. Syahril Wasahua hanya bisa berbagi dan bersama rakyat Maluku menuju Maluku yang lebih baik, beradab dan maju. 

Tak ada ragu dalam menulis ini, karena penulis sangat kenal sosok Bang Awil, beliau ingin mentransformasikan ide-ide cerdasnya untuk karya nyata, menyatukan masyarakat Maluku untuk membangun bangsa dan negara khususnya negeri Maluku yang tercinta dan manise.

Energi baru Maluku, muda cerdas untuk Maluku, memilih yang tahu hati rakyat Maluku, memperjuangkan nasib orang Maluku, berpihak kepada rakyat Maluku, mengerti nilai-nilai kearifan lokal Maluku, berjasa bagi orang Maluku dan lahir dan besar di tanah Maluku, satu darah Maluku. (*)

*Penulis adalah dosen politik Universitas Muhammadiyah Sorong dan Penggerak Indonesia Setara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here