Biografi Tokoh – Rustam Latupono, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon

0
1046
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, S.Pi Foto: Istimewa

 

Nama Lengkap

Rustam Latupono, S.Pi

Alias

No Alias

Kategori

Politisi

Agama

Islam

Tempat Lahir

Ambon

Tanggal Lahir

8 Agustus 1974

Hobby

Nama Istri

Zulhaidah Latuconsina, S.Sos

Nama Anak

Muhammad Irsad Latupono

Warga Negara

Indonesia

BIOGRAFI

Lahir di Ambon, 8 Agustus 1974, Rustam Latupono, S.Pi lebih dikenal sebagai politisi muda binar Partai Gerindra. Pada Pemilihan legislatif (Pileg) 2014 Rustam Latupono terpilih untuk kedua kalinya sebagai anggota DPRD Kota Ambon dengan peroleh suara 1400-an dan saat ini menduduki posisi sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon masa bakti 2014-2019.

Kiprah politiknya terbilang cukup sukses. Pada Pemilihan legislatif (Pileg) 2009, untuk pertama kalinya Rustam berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kota Ambon dari daerah pemilihan Sirimau 2 dengan peroleh suara 800-an. Dirinya bahkan nyaris tidak lolos, karena harus menunggu sampai menit terakhir perhitungan resmi di KPUD Kota Ambon. Akhirnya Rustam mengambil jatah kursi ke-13 dari 14 kursi yang diperebutkan.

Sepak terjang Rustam sebagai anggota DPRD yang sukses linear dengan karirnya yang gemilang di Partai Gerindra. Hingga saat ini Rustam dipercayakan sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kota Ambon sejak tahun 2008.

Rustam berasal dari kehidupan keluarga sederhana dengan ekonomi pas-pasan. Rustam merupakan anak ke empat dari lima bersaudara dari pasangan M. Saleh Latupono dan Azza Tuasikal. Ayahnya seorang pengusaha cengkeh sedangkan ibunya seorang pegawai negeri sipil.

Nilai-nilai kesederhanaan dari keluarganya berhasil membentuk Rustam sebagai pribadi yang  gigih, tangguh dan pekerja keras dalam menggapai cita-cita. Filosofi hidup yang ditanamkan kedua orang tuanya yaitu jika berbuat kebaikan, pasti akan dibalas dengan kebaikan. “Orang tua saya menasehati agar selalu berbuat kebaikan. Kebaikan bagi siapa saja. Karena kebaikan itu pasti menemukan jalan kebaikan,” lanjut Rustam.

Rustam kecil menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri 21 Ambon tahun 1981. Kemudian lanjut di SMP Negeri 1 Ambon tahun 1989 dan menamatkan di SMA Negeri Tulehu tahun 1992. Setelahnya, Rustam melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan terdaftar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura kemudian menyandang gelar S1 pada tahun 2001.

Saat masa mahasiswa, Rustam aktif di organisasi pencinta alam yaitu Mahasiswa Teknik Pecinta Alam (Matepala). Jauh sebelum menjadi politisi sukses seperti sekarang, perjalanan hidup istri dari Zulhaida Latuconsina, S.Sos ini sempat aktif di beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) internasional dan pengusaha.

Tuntutan hidup dan sebagai kepala keluarga mengharuskan Rustam giat bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Dunia organisasi baginya memberikan manfaat dalam membentuk karakternya di kehidupan nyata. “Ilmu dan pengalaman yang saya peroleh di dunia organisasi semasa kuliah, sangat membantu sekali saya terjun di dunia LSM yang membutuhkan skill dan sosialisasi diri kepada masyarakat,” cerita pria yang dikenal komunikatif, mudah senyum dan bersahaja ini.

Di penghujung tahun 2015 tepatnya tanggal 12 Desember, bertempat di The Grand Ballroom Lumire Hotel, Jakarta, Rustam di anugerahi Indonesia Award of Parliament dari Yayasan Persada Insani. Penghargaan ini diberikan karena berdasarkan sejumlah kriteria penilaian, diantaranya menjabat posisi penting di lembaga politik, memiliki etos kerja yang tinggi dan mampu meningkatkan kualitas dan produktifitas SDM yang dimiliki, dan dinilai bisa menjalankan pembangunan disegala bidang kehidupan bangsa dan negara.

Rustam Latupono terpilih juga dikarenakan dinilai mempunyai jiwa kepimimpinan, serta menjadi pemimpin di masa mendatang. Adapun proses pemilihan adalah berdasarkan pantauan panitia, baik secara langsung, memalui referensi, kliping berita dimedia cetak atau televise.

Riset dan Analisa: tim detik-maluku.com

Pendidikan

SD Negeri 21 Ambon tahun 1981

SMP Negeri 1 Ambon tahun 1989

SMA Negeri Tulehu tahun 1992

S1 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura tahun 2001

Pengalaman Organisasi

Mahasiswa Teknik Pecinta Alam Universitas Pattimura

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Ambon tahun 2008-sekarang

Karir

Tenaga di beberapa LSM Internasional

Pengusaha

Anggota DPRD Kota Ambon masa bakti 2009-2014

Ketua Fraksi Gabungan Gerindra Amanat Kedaulatan

Ketua Komisi II tahun 2010-2011

Ketua Komisi I tahun 2013-2014

Anggota DPRD Kota Ambon masa bakti 2014-2019

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon masa bakti 2014-2019

Penghargaan

Indonesia Award of Parliament 2015 dari Yayasan Persada Insani

Sosial Media:

Fans page facebook, Rustam Latupono

Instagram, utaml_081234

Motto Hidup

Jadikanlah dirimu bermanfaat untuk orang lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here