Biografi Tokoh, Eddy K. P. Sambuaga: Politisi, Pengusaha

0
2251
Eddy Sambuaga/Foto: dok. Istimewa

Nama Lengkap : Eddy K. P. Sambuaga

Kategori : Politisi, Pengusaha

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : 20 November 1978

Hobby : Musik

Nama Orang Tua : Theo L. Sambuaga

Warga Negara : Indonesia

BIOGRAFI

Eddy K. P. Sambuaga merupakan politisi dan pengusaha. Dirinya pernah menjabat Ketua Dewan Penasihat Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kota Ambon pimpinan Richard Louhenapessy. Eddy juga merupakan politikus, pada pemilihan legislatif 2019, dia ikut berkontestasi sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari daerah pemilihan Provinsi Maluku.

Eddy berasal dari keluarga politikus. Ayahnya, Theo L. Sambuaga, pernah menjadi Menteri Negara Pemukiman dan Prasarana Wilayah Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan.

Theo juga pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Pembangunan VII tahun 1998. Dan anggota DPR/MPR RI dari Golongan Pemuda.

Eddy mengenyam pendidikan tingkat dasar hingga menengah atas di dua tempat berbeda yakni Jakarta dan Amerika Serikat. Sedangkan pendidikan tinggi S1 diselesaikan di Fakultas Teknik Elektor, di George Washington University, Amerika Serikat. Dan pendidikan tinggi S2, di Stanford University, Amerika Serikat.

Selain karir di politisi dan pendidikannya, Eddy merupakan pengusaha. Dia bekerja sebagai profesional di perusahan group Lippo dan menduduki berbagai posisi strategis sejak 2003 sampai sekarang.

Dalam pemilihan umum legislatif 2019, nama Eddy tercatat sebagai calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Maluku nomor urut 26. Cita-cita dan optimisme besar Eddy adalah meningkatkan daya saing dan jaringan Maluku di kancah nasional maupun internasional. “Posisi Maluku sangat strategis dalam perspektif geopolitik dunia dan sumberdaya alamnya yang melimpah. Karena itu, kita harus meningkatkan daya saing dan akses ke berbagai level baik nasional maupun internasional dimasa mendatang, “ jelasnya.

Riset dan Analisa: tim detikmaluku.com

Pendidikan : MSc, Stanford University, Amerika Serikat

Pengalaman Organisasi : Ketua Dewan Penasihat DPD Partai Golkar Kota Ambon

Karir : Berbagai posisi di perusahaan-perusahan swasta, Grup Usaha Siloam 2011-sekarang, Berita Satu TV 2010-2011, First Media 2006-2010, Entropic Technologies 2003-2005, Synopsys Inc, 2000-2003.

Sosial Media : instagram: eddysambuaga FB page: sambuagaeddy

Motto Hidup : Bersukacita Dalam Pengharapan, Sabar Dalam Kesesakan dan Tekun Dalam Doa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here