Kertas Suara Pilgub Lipat di Polres Malteng, Tim Santun: Harus Segera Dimusnahkan

0
1159

Ambon – Kertas suara untuk Pilkada Maluku 2018 yang berada di Maluku Tengah dilipat di aula serbaguna Polres Maluku Tengah. Proses lipatan ini dimulai sejak hari ini Kamis (7/6/2018) sampai besok Jumat (8/6/2018). Pihak KPUD Maluku Tengah belum bisa memastikan berapa banyak jumlah kertas suara yang dilipat dari total 149 kardus yang disiapkan.

Koordinator divisi logistik KPUD Maluku Tengah, Erni Lessy, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, keputusan pemakaian aula serbaguna Polres Maluku Tengah sudah berdasarkan hasil rapat KPUD Maluku Tengah. Proses pelipatan kertas suara tersebut juga diawasi oleh Panwas Maluku Tengah. “Jadi pemilihan aula serbaguna Polres Maluku Tengah sebagai tempat pelipatan kertas suara karena tidak ada gedung lain yang representatif. Kami sebenarnya ingin memakai GOR di Masohi, hanya saja fasilitasnya tidak memadai. Sehingga kami putuskan memakai aula serbaguna Polres Maluku Tengah, “ katanya ketika dikonfirmasi detikmalukucom, Kamis (7/6/2018) malam.

Sementara itu, juru bicara pasangan calon Said Assagaff – Andre Rentanubun (SANTUN) Haeruddin Tuarita mengatakan, KPUD Maluku Tengah harus segera menghentikan dan melakukan pemusnahan terhadap kertas suara yang sudah dilipat. “Kertas suara tersebut harus segera dimusnahkan dan dihentikan. Agar tidak terjadi indikasi kecurangan. KPUD Maluku Tengah harus memastikan proses Pilkada Maluku berjalan fair tanpa ada kecurangan, “ tegasnya.

Selain itu, dirinya juga mendesak agar KPUD Maluku Tengah segera memindahkan tempat pelipatan suara dan mencari tempat atau lembaga yang lebih netral untuk menghindari konflik kepentingan. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here