SANTUN Unggul Di Debat Publik Pertama

0
2349
Debat publik pertama yang berlangsung di Baileo Siwalima, Kota Ambon, Senin (7/5/2018).

Ambon – Debat publik pertama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018 yang berlangsung di Baileo Siwalima, Kota Ambon, Senin (7/5/2018) malam, berjalan lancar. Ketiga pasangan calon Said Assagaff – Anderias Rentanubun (SANTUN), Murad Ismail – Barnabas Orno (BAILEO) dan Herman Koedoebun – Abdullah Vanath (HEBAT) masing-masing sudah memaparkan visi dan misi serta programnya.

Topik utama dalam debat publik itu ialah tentang kemiskinan dan kesejahteraan. Pasangan calon SANTUN berhasil tampil memukau dan unggul dalam debat publik dibandingkan dua pasangan calon lain. Pasangan SANTUN dianggap lebih menguasai masalah dan memberikan jawaban kongkrit. Faktor pengalaman dalam pemerintahan dinilai menjadi pembeda dari dua pasangan calon lain.

“Performa SANTUN dalam debat tadi lebih unggul karena punya pengalaman sebagai gubernur petahana sehingga penguasaan masalah lebih mendalam dan punya opsi-opsi solusi terhadap pembangunan Maluku lima tahun kedepan khususnya soal bagaimana menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai topik utama yang didebatkan, “ kata Ketua Bidang Politik KNPI Kota Ambon, Akas Yusran Kolatlena kepada detikmaluku.com, Senin (7/5/2018).

Menurutnya, debat publik pertama merupakan starting point publik mengenal dan mengetahui gagasan terkait visi dan misi dari ketiga pasangan calon. Dia mengharapkan, di debat publik kedua yang direncanakan tanggal 24 Juni 2018 mendatang, harus lebih menarik dan tidak menoton dengan KPU Maluku memberikan porsi waktu yang jauh lebih banyak karena di debat pertama porsi waktu dalam penyampaian visi dan misi, pertanyaan maupun sanggahan ketiga pasangan calon lebih sedikit. (dm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here