Fuad: SANTUN Siap Ikuti Debat Publik

0
478
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff dan Anderias Rentanubun

Ambon – Menjelang agenda debat publik, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN), mengklaim siap mengikuti debat publik yang digelar oleh KPU Maluku 7 Mei mendatang.

Juru bicara (jubir) pasangan calon SANTUN Fuad Bachmid menyatakan pihaknya  yang paling siap menghadapi agenda tersebut.

“Bahkan agenda itu sangat dinantikan jauh hari sebelumnya. Sebab, pasangan SANTUN menginginkan adanya jual beli gagasan dalam forum debat, sehingga publik bisa menilai sejauh mana pemahaman dan penguasaan para pasangan calon melalui visi misi yang dimiliki, kaitannya dengan pembangunan Maluku kedepan, sehingga Pilgub Maluku 2018 tidak terkesan hanya sebagai ajang untuk saling menyerang personal para kontestan semata, melainkan kemampuan dalam menerjemahkan program program yang relevan dengan kepentingan masyarakat Maluku kedepan,” kata Fuad, Jumat (4/5/2018).

Menurutnya, agenda debat publik tersebut adalah sebuah momentum strategis untuk publik bisa menyimak langsung kualitas program yang dijual ke masyarakat. “Pasangan SANTUN sangat respect atas agenda KPU Maluku termasuk kehadiran para kontestan pada acara itu. Sehingga tidak terkesan hanya mengandalkan tim semata untuk mencitrakan diri di publik, sebaliknya yang dihadirkan adalah para paslon secara langsung, sehingga disitu publik bisa menilai kemampuan mereka sendiri untuk berbicara soal visi misinya,” pungkas Fuad.

Dikatakan, pasangan SANTUN tidak dalam posisi melakukan langkah-langkah teknis soal persiapan konsep dalam mengahadapi agenda tersebut, sebab sejak awal Pasangan SANTUN yang paling menguasai seluruh visi misi yang dimiliki pasangan ini karena selain berpengalaman, pasangan SANTUN juga dianggap sangat intens dalam mengkampanyekan program-programnya ke masyarakat termasuk membuka forum diskusi dengan masyarakat dalam setiap melakukan kampanye. Bukan sebaliknya, hanya mengkritik tanpa membuka saluran tanya jawab dengan masyarakat.

“Pasangan SANTUN juga dianggap sebagai kontestan yang semenjak pendaftaran kemarin sangat mendorong kelompok-kelompok pro demokrasi untuk membuka forum dialog dan debat untuk menghadirkan para kontestan untuk memaparkan gagasan- gagasannya soal agenda pembangunan Maluku, dan terbukti hanya pasangan SANTUN dalam hal ini calon gubernurnya yang selalu menghadiri setiap acara- acara tersebut, sebaliknya pasangan calon gubernur dari kontestan lain tidak pernah hadir dengan berbagai alasan. Ini pertanda bahwa pasangan SANTUN baik secara personal maupun secara paket kontestan sangat berkeinginan kuat agar momentum debat itu hadir untuk melihat kemampuan para calon pemimpin dalam menyampaikan gagasan gagasannya,” papar Fuad. (Siwalima/dm3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here