Survei Terbaru MSS: SANTUN Masih Ungguli HEBAT dan BAILEO

0
1219
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff dan Anderias Rentanubun

Ambon, detikmaluku.com – Lembaga survei dan konsultan politik Media Survei dan Strategi (MSS) pimpinan Husain Marasabessy kembali merilis hasil survei terbaru untuk Pilkada Maluku 2018, Minggu (25/3/2018).

Petahana Said Assagaff – Anderias Rentanubun dengan akronim SANTUN masih cukup kuat atas dua penantang lainnya yakni Herman Koedoebun – Abdullah Vanath (HEBAT) dan Murad Ismail – Barnabas Orno (BAILEO).

Hasil survei itu menyebutkan, dari temuan elektabilitas ketiga pasangan calon Gubernur ini, SANTUN yang didukung oleh lima parpol yakni Golkar, PKS, Demokrat, PBB dan Garuda unggul dengan angka 41.50%. Sedangkan HEBAT dari jalur independen di angka 25%. Dan BAILEO yang didukung koalisi sembilan parpol yakni PDIP, Gerindra, Hanura, NasDem, PKB, PPP, PKPI, PAN, Perindo tetap menempati posisi terakhir dengan angka 13.50%.

“Setidaknya empat alasan pemilih masih menginginkan Said Assagaff dan Anderias Rentanubun memimpin Maluku, yakni tentang popularitas, kinerja incumbent, kepuasan publik terhadap kinerja Pemprov dan Said Assagaff calon gubernur berpengalaman, “ tulis Direktur MSS Husain Marasabessy dalam rilis yang diterima detikmaluku.com.

Husain mengatakan, hampir semua segmen masih menginginkan Said Assagaff memimpin Maluku lima tahun lagi. “Dari sisi popularitas Said Assagaff diatas 90%. Sementara calon lain dibawah 65%. Itu artinya, mayoritas pemilih puas terhadap kinerja incumbent, “ lanjut rilis itu.

Meski demikian, kata Husain, masih ada 93 hari menuju hari H pencoblosan 27 Juni 2018.

Survei dilakukan sejak 5-15 Maret 2018 dengan metode tatap muka terhadap 440 responden di seluruh kabupaten/kota. Responden dipilih menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 4.8%. (dm3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here