Mengenal Fuad Bachmid, Putra Waimangit Buru yang Jadi Jubir SANTUN

0
2155

detikmaluku.com – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff – Anderias Rentanubun yang populer dengan akronim SANTUN, resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Maluku sebagai peserta yang akan berkontestasi pada Pilkada Maluku 2018. KPU Maluku juga menetapkan dua peserta lain masing-masing Murad Ismail – Barnabas Orno (BAILEO) dan Herman Koedoebun – Abdullah Vanath (HEBAT).

Pasangan calon petahana ini selanjutnya telah membentuk tim pemenangan yang akan membantu kerja-kerja politik keduanya untuk memenangkan Pilkada Maluku 2018. Salah satu nama dalam tim pemenangan yang kini menjadi sorotan publik yaitu Fuad Bachmid. Dirinya ditunjuk sebagai Juru Bicara (Jubir). Muda, energik, kaya pengalaman dan memiliki gaya komunikasi yang khas begitu identik dengan sosok Fuad.

Diolah dari berbagai sumber, Fuad Bachmid lahir 5 Maret 1984 di Desa Waimangit, sebuah desa kecil di Kecamatan Airbuaya yang jaraknya puluhan kilometer dari Kota Namlea selanjutnya ia dibesarkan di Desa Sawa, Kabupaten Buru. Fuad merupakan anak keenam dari tujuh bersaudara dari pasangan ayahnya (Alm.) Umar Bachmid yang bekerja sebagai petani dan ibunya Sehat Bachmid bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Fuad Bachmid saat ini tercatat sebagai politisi muda dari Partai Golkar menduduki posisi sebagai pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Maluku masa bakti 2016-2021 membidangi Pemenangan Pemilu (PP) Wilayah Maluku II mencakup Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan.

Tahun 2003, Fuad terdaftar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Bosowa (dulu Universitas 45) Makassar, Sulawesi Selatan. Sadar bahwa dirinya serba kekurangan, Fuad mulai mengasah kemampuannya dengan berproses dalam dunia organisasi.

Satu per satu organisasi kemahasiswaan intra kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sampai organisasi ekstra kampus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ia aktif dengan tujuan mempertajam kapasitas intelektual dan memperluas jaringan. Selain BEM dan HMI, Fuad juga aktif di organisasi daerah asal Maluku di Makassar yakni Simpul Gerakan Mahasiswa Maluku Indonesia (SGMMI) dan Forum Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia Buru (FORPEMIB) Makassar.

Karir Fuad melonjak pada tahun 2009, pada saat Kongres Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Seluruh Indonesia di Makassar. Fuad dipercayakan oleh peserta kongres sebagai Pimpinan Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial Politik seluruh Indonesia (ILMISPI). ILMISPI merupakan organisasi resmi yang mewadahi seluruh BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Seluruh Indonesia.

Jam terbang Fuad yang luas di dunia organisasi membawanya terjun dalam dunia politik praktis. Sejumlah peran politik pernah dilakoni Fuad antara lain: menjadi relawan pemenangan pasangan Karel Albert Ralahalu – Said Assagaff (RASA) pada Pilkada Maluku Tahun 2008. Berikutnya relawan tim pasangan Said Assagaff – Zeth Sahuburua (SETIA) pada Pilkada Maluku Tahun 2013. Dan menjadi tim pemenangan pasangan Ramly I. Umasugi – Amustafa Besan (RAMA) pada Pilkada Buru Tahun 2017. Yang terbaru, Fuad ditunjuk sebagai Juru Bicara (Jubir) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff – Anderias Rentanubun (SANTUN) pada Pilkada Maluku Tahun 2018.

Pendidikan

SD Al-Hilal Desa Sawa, Kab Buru Tahun 1997

SMP Negeri 2 Jikumerasa, Kab, Buru tahun 2000

SMU Negeri 1 Namlea, Kab. Buru tahun 2003

S1 Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bosowa Makassar tahun 2012

Pengalaman Organisasi

Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara FISIP Universitas Bosowa Makassar tahun 2004-2005

Pengurus FORPEMIB Makassar tahun 2004-2006

Pengurus Pusat SGMMI Tahun 2006

Pj. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Universitas Bosowa Makassar tahun 2007

Pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DEPMA) FISIP Universitas Bosowa Makassar tahun 2008

Pengurus Persatuan Nasional Mahasiswa Administrasi Negara (PENASMA) tahun 2008

Pimpinan Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial Politik Seluruh Indonesia (ILMISPI) masa bakti 2009-2011

Pengurus HMI Cabang Makassar tahun 2009

Pengurus Badko HMI Sulselbar tahun 2011

Sosial Media

Facebook, Fuad Bachmid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here