Biografi Tokoh – Fahri Bachmid: Advokat Muda  

0
2821
Fahri Bachmid, SH,. M.H.

Nama Lengkap

Dr (Can) Fahri Bachmid, S.H.,M.H.

Alias

Kategori

Advokat

Agama

Islam

Tempat Lahir

Waimangit

Tanggal Lahir

29 Agustus 1977

Hobby

Membaca

Nama Istri

dr. Syamsila Mona Rumata, S.Ked

Nama Anak

Fahna Adzra Farizah Bachmid

Nadra Feyza Thafanah Bachmid

M. Farras Al-Farizi Bachmid

Warga Negara

Indonesia

BIOGRAFI

Fahri Bachmid saat ini merupakan Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Ambon masa bakti 2017-2022. Tahun 2010, dirinya mendirikan Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Fahri Bachmid, SH, MH dan Associates dengan menduduki jabatan sebagai general chairman.

Sama seperti yang lain, Fahri berasal dari latar belakang keluarga yang terbilang sangat sederhana. Ia lahir di Waimangit, sebuah desa kecil yang jaraknya puluhan kilometer dari Kota Namlea, Ibukota Kabupaten Buru, Provinsi Maluku , tanggal 29 Agustus 1977.

Fahri merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara dari pasangan ayahnya Umar Bachmid yang bekerja sebagai petani begitupun ibunya Sehat Bachmid bekerja sebagai ibu rumah tangga. Hidup jauh dari kemewahan tidak lantas membuat Fahri berhenti memiliki cita-cita dan tekad menjadi orang yang berhasil di masa depan.

Perjalanan hidup Fahri sampai meniti keberhasilan saat ini semuanya dilalui dengan penuh kerja keras. Pendek kata, Fahri mengisahkan bahwa sejak kecil dia bersama ayahnya menaman cokelat untuk membantu biaya hidup keluarga dan sekolahnya . “Cokelat yang saya tanam membantu saya membiayai pendidikan. Bahkan saat saya mendaftar di perguruan tinggi,” ungkap pria yang sangat mengidolakan sosok Yusril Ihza Mahendra ini.

Tahun 1999, Fahri terdaftar di Fakultas Hukum jurusan Hukum Tata Negara Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan. Sadar bahwa dirinya serba kekurangan, Fahri mulai giat belajar. Satu per satu organisasi kemahasiswaan intra kampus seperti study club, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum sampai ekstra kampus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Makasssar, ia aktif dengan tujuan mempertajam kapasitas intelektualnya. Selain BEM, HMI dan PBHI, Fahri merupakan Ketua Umum pertama di organisasi perhimpunan mahasiswa Kabupaten Buru di Makassar.

Tahun 2004 Fahri resmi menyandang gelar Strata Satu yang diperolehnya dari Fakultas Hukum UMI Makassar. Setelah sarjana, tahun 2005 Fahri kemudian mengikuti Pendidikan Khusus Advokat selama enam bulan kerjasama Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Adovakat Indonesia dan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Advokat Indonesia Pasca Sarjana UMI Makassar.

Tahun 2006, Fahri kemudian mencoba keberuntungan mengikuti tes adovokat dengan peserta jumlahnya 2000-an dan yang diterima sebanyak 12 orang. Fahri salah satu dari 12 nama yang lulus tes advokat itu. Setelah lulus, ia kemudian magang dua tahun berturut-turut. Tahun pertama ia magang di kantor Advokat Niko Simen. Dan tahun kedua kantor advokat Alm. Haidir Hamid. Disaat magang, ia kemudian melanjutkan studi Hukum Strata Dua di almamaternya UMI Makassar dan selesai tahun 2009.

Jam terbang Fahri yang luas di dunia organisasi kemahasiswaan dan profesi hukum, telah menghantarkannya meraih impian menjadi seorang advokat. Meskipun, advokat bukanlah cita-cita Fahri.  Sejak kecil ia mengimpikan menjadi dosen dan hendak meraih gelar profesor di usia muda.

Seiring popularitas Fahri di dunia advokat dan lawyer di Maluku yang tengah menanjak berkelindan dengan prestasinya menangani perkara hukum mulai dari koordinator tim hukum KPU Provinsi Maluku, koordinator tim hukum Gubernur Maluku Said Assagaff, koordinator tim hukum Bupati Buru, koordinator tim hukum PT. Bank Pembangunan Daerah Maluku, koordinator tim hukum PT. BPS, koordinator tim hukum Bupati Buru Selatan sampai perkara orang kecil atau papa yang membutuhkan jasa adovokat.

Riset dan Analisa: tim detikmaluku.com

Pendidikan

SD Al-Hilal Waimangit tahun 1990

SMP Negeri 1 Kecamatan Air Buaya tahun 1993

SMU Negeri 2 Namlea tahun 1997

S1 Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia tahun 2004

S2 Hukum Universitas Muslim Indonesia tahun 2009

S3 (Can) Universitas Muslim Indonesia

Pengalaman Organisasi

Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum UMI Makassar tahun 2002-2003

Sekjen BEM Fakultas Hukum UMI Makassar tahun 2001-2003

Sekjen FORPEMIB Makassar tahun 2001-2003

Ketua Umum FORPEMIB Makassar tahun 2003-2005

Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Sulsel tahun 2004-2010

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PW Muhammadiyah Maluku tahun 2011-2015

Sekretaris DPC PERADI Ambon tahun 2014-2018

Ketua DPC PERADI Ambon tahun 2017-2022

Karir

General Chairman Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Fahri Bachmid, SH, MH dan Associates

Penghargaan

Sosial Media:

Facebook, Fahri Bachmid

Motto Hidup

Sekecil Apapun Hidup Yang Penting Bisa Bermanfaat Buat Orang Lain

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here